Membuat Komite Pengarah Keamanan.
- Mengumpulkan Informasi
- Memperhitungkan Resiko
- Membuat Solusi
- Implementasi & Edukasi / Pendidikan.
- Terus Menerus Menganalisa, dan Meresponds.
Langkah 1: Membuat Komite Pengarah Keamanan.
Dengan adanya komite pengarah ini, akan memungkinkan terjadi interaksi antara orang teknik / administrator jaringan, user & manajer. Sehingga dapat dicari kebijakan yang paling optimal yang dapat di implementasikan dengan mudah secara teknis.
Langkah 2: Mengumpulkan Informasi
Langkah 3: Memperhitungkan Resiko
Resiko = Nilai Aset * Vurnerability * Kemungkinan di Eksploit
Nilai aset termasuk nilai uang, biaya karena sistem down, kehilangan kepercayaan mitra / pelanggan. Vurnerability termasuk kehilangan data total / sebagian, system downtime, kerusakan / korupsi data.
Dengan mengambil hasil dari langkah audit yang dilakukan sebelumnya, kita perlu menanyakan:
· Apakah kebijakan keamanan yang ada sekarang sudah cukup untuk memberikan proteksi?
· Apakah audit secara eksternal berhasil memvalidasi ke keandalan kebijakan keamanan yang ada?
· Adakah proses audit mendeteksi kelemahan & belum tertuang dalam kebijakan keamanan?
· Apakah tingkat keamanan, setara dengan tingkat resiko?
· Apa aset / informasi yang memiliki resiko tertinggi?
Dengan menjawab pertanyaan di atas merupakan titik awal untuk mengevaluasi kelengkapan kebijakan informasi yang kita miliki. Dengan mengevaluasi jawaban di atas, kita dapat memfokuskan pada solusi yang sifatnya macro & global terlebih dulu tanpa terjerat pada solusi mikro & individu.
Pada hari ini sudah cukup banyak solusi yang sifatnya plug’n’play yang dapat terdapat di pasar. Sialnya, tidak ada satu program / solusi yang ampuh untuk semua jenis masalah. Oleh karena kita kita harus pandai memilih dari berbagai solusi yang ada untuk berbagai kebutuhan keamanan. Beberapa di antaranya, kita mengenal:
· Network Intrusion Detection System (IDS).
· Host based Intrusion Detection System (H-IDS).
· Application-based Intrusion Detection System (App-IDS).
· Anti-Virus Software.
· Virtual Private Network (VPN).
· Two Factor Authentication.
· Biometric.
· Smart cards.
· Server Auditing.
· Application Auditing.
· Dll – masih ada beberapa lagi yang tidak termasuk kategori di atas.
Langkah 5: Implementasi & Edukasi / Pendidikan.
· Effek dari prosedur keamanan yang baru terhadap aset / data perusahaan.
· Penjelasan dari prosedur & bagaimana cara memenuhi goal kebijakan keamanan yang baru.
Langkah 6: Terus Menerus Menganalisa, dan Meresponds.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar