Senin, 02 April 2012

Ilmu Budaya Dasar: Pengertian Mitos, Legenda, Cerita Rakyat

Pengertian Mitos.

Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos juga mengisahkan petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya.

Contoh - contohnya :
1. Cerita barong di Bali.
2. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
3. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
4. Cerita Joko Tarub
5. Cerita Dewi Nawangwulan
6. dll

Pengertian Legenda.
Legenda-legenda yang ada di indonesia begitu banyak, sama seperti halnya folklor dan mitos. Legenda merupakan salah satu langkah untuk menelusuri jejak sejarah tradisi masyarakat Indonesia pada masa praaksara. pada materi ini kita akan mempelajari apa itu Legenda, pengertian legenda, ciri-ciri legenda dibandingkan cerita-cerita rakyat lain dan juga pengelompokan legenda-legenda yang ada saat ini. legenda juga berarti dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian

Contoh - contohnya :

1. Legenda Candi Prambanan
2. Legenda Buaya Putih dari Maluku
3. Sangkurian
4. Lutung Kasarung
5. dll

Pengertian Cerita Rakyat

Adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama cerita rakyat yang mengandung pesan-pesan pendidikan moral. Banyak yang tidak menyadari kalonegeri kita tercinta ini mempunyai banyak Cerita Rakyat Indonesia yang belum kita dengar, bisa dimaklumi karena cerita rakyat menyebar dari mulut – ke mulut yang diwariskan secara turun – temurun. Namun sekarang banyak Cerita rakyat yang ditulis dan dipublikasikan sehingga cerita rakyat Indonesia bisa dijaga dan tidak sampai hilang dan punah.
Sekarang banyak juga Cerita Rakyat yang difilmkan lho dan sisi positifnya Cerita Rakyat jadi semakin terjaga meski kadang ada penambahan jalan ceritanya

Contoh -contohnya :

1. Asal usul Sawah Lunto
2. Kancil Si Pencuri Ketimun
3. Bawang Merah Bawang Putih
4. Asal usul Gunung Tangkuban Perahu
5. dll


Sumber :

1. http://www.ceritarakyatindonesia.com

2. http://www.sentra-edukasi.com/

3. http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar